Rabu, 01 Januari 2014

Kembangkan Minat dan Bakatmu dengan TEKUN + Sungguh-sungguh















Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berada di luar program yang tertulis di kurikulum dan umumnya pihak sekolah menyediakan waktu satu atau dua hari untuk pelaksanaan kegiatan ini. Di SDIT Bina Amal, kegiatan ini dilaksanakan pada hari jumat dan sabtu. Ekstrakurikuler sangat berguna untuk pengembangan hobi, minat dan bakat siswa pada hal tertentu. Di sisi lain pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu bentuk perhatian sekolah pada siswanya agar melakukan kegiatan yang lebih positif.

Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler di sekolah di harapkan dapat menjadi wadah untuk penyaluran energi para siswa. Jenis kegiatan ekstrakurikuler pun sangat beragam baik itu seputar olah raga, kesenian, keterampilan ataupun pengetahuan.
1.      Pramuka
Pramuka adalah organisasi yang mendidik para anggotanya dalam berbagai keterampilan, disiplin, saling menolong, kepercayaan pada diri sendiri dan sebagainya.Pramuka juga disebut gerakan kepanduan. Di SDIT Bina Amal kegiatan ekstrakurikuler pramuka ini dilaksanakan pada hari Sabtu.
2.    Olahraga 
a.       Futsal
Kegiatan Ekskul futsal yang bertujuan untuk melatih dan mengarahkan minat siswa serta mengarahkan bakat siswa, Bertempat di lapangan utama sekolah SDIT BIna Amal.  Kegiatan dengan pemanasan dengan berlari mengelilingi lapangan, dilanjutkan dengan melatih otot-otot agar tidak kaku ketika bermain.Melakukan operan, tendangan dan membuat strategi menjadi salah satu materi yang diberikan ketika ekskul futsal berlangsung.
b.      Taekwondo
Taekwondo ialah seni beladiri yang berasal dari Korea, Taekwondo merupakan salah satu ekstra kurikuler yang berorientasi di bidang ilmu bela diri.
c.       Bulutangkis
Bulutangkis adalah bentuk permainan yang dilakukan oleh dua orang (dalam permainan tunggal) atau empat orang (dalam permainan ganda). Menggunakan rangkaian bulu yang ditata dalam sepotong gabus sebagai bolanya, dan raket sebagai alat pemukulnya, di atas sebidang lapangan. Inti permainannya adalah memasukkan bola di bidang lapangan lawan yang dibatasi oleh jaring (net) setinggi 1,55 m dari permukaan lantai, dengan memukulkan raketnya, atas dasar peraturan tertentu. Di SDIT Bina Amal ekstrakurikuler bulutangkis dilaksanakan di luar sekolah yaitu di gedung Bulog setiap hari Sabtu jam 08.00-10.00 WIB.

3.      Seni
a.       Musik
Musik sebuah seni dalam memaikan alat musik dan menyanyi, selain membawakan lagu, musik menyampaikan pesan bentuk alunan musik memaikan alat musik dan menyayi tidaklah mudah sehingga memerlukan latihan dan bimbingan yang lebih baik sehingga menghasilkan musik. Ekstrakurikuler musik ini menggunakan perlengkapan musik keyboard milik SDIT Bina Amal dan beberapa alat musik pribadi yang dibawa oleh masing-masing siswa anggota ekskul musik.
b.      Theater / Drama
Seni peran melatih untuk lebih menjiwai peranan dalam kehidupan kita sehari-hari. Menjiwai peranan tidaklah mudah sehingga memerlukan pemahaman yang lebih sehingga menghasilkan peranan yang indah. Ekstrakurikuler ini juga sering tampil dalam pertujukan-pertunjukan penting seperti acara Akhirussanah kelas 6 dan pertunjukan sekolah lainnya.
c.       Lukis
Goresan pensil dalam kanvas menghasilkan lukisan-lukisan nan menawan. Hasil karya ekstrakurikuler ini juga dipamerkan dalam berbagai pameran seperti dalam pameran JSIT dan pameran gelar karya siswa yang dilaksanakan setiap tahun.


d.      Qiroah
Lantunan Al Qur’an akan semakin mudah diresapi dan menentramkan jiwa jika membacanya disertai dengan murotal. Butuh latihan untuk memiliki penguasaan nada. Ekstrakurikuler qiroah ini dilaksanakan setiap hari jumat.
e.       Rebana
Bukti bahwa SDIT Bina Amal mendukung pelestarian kebudayaan islam nusantara adalah adanya eksktrakurikuler rebana. Musik tradisional ini dimainkan oleh kurang lebih sebelas personil; terdiri dari 8 penabuh dan 3 vokalis. Ke depan ekstrakurikuler ini akan berkembang menjadi rebana modern dan membuka personil annisa’ (perempuan).

4.      Ilmiah
a.       Robotik
Kata Robot berasal dari bahasa Cheko (Robota) yang memiliki arti pekerja yang tidak memiliki lelah dan bosan. Robot merupakan suatu perangkat mekanik yang mampu menjalankan tugas-tugas baik di bawah kendali dan pengawasan manusia atau dijalankan dengan serangkaian program yang telah didefinisikan terlebih dahulu. Robotika adalah bidang studi yang erat dengan mata pelajaran biologi, matematika dan teknologi. Dengan mempelajari Robotika kita dapat menerapkan ilmu di bidang-bidang pelajaran tersebut dan juga mengasa kretivitas kita. 
b.      Sains / KIA
Sebuah kelompok belajar ilmu pengetahun yang di bimbing oleh guru dibidangnya tujuan dari sciens club adalah sebagai sarana belajar yang menyenangkan untuk siswa-siswa yang memiliki ketertaikan lebih dalam tentang ilmu pengetahuan .

5.      Tahfidz
Tahfidz ialah kegiatan menghafal Al Qur’an yang di bimbing oleh seorang guru tahfidz yang memiliki kemampuan membaca Al Qur’an sesuai dengan kaidah Ghorib dan Tajwid. Fungsi dari tahfidz sendiri adalah agar anak-anak dapat menghafal Al –Qur’an sekaligus melatih daya ingat. Cara- cara yang digunakan untuk menghapal pun beragam, mulai dari menghafal bersama – sama maupun masing-masing di tempat yang terpisah. Kuota yang harus dihafalkan adalah 1 juz (juz 30). Namun dalam ekstrakurikuler tahfids ini diharapkan anak mampu menghafal lebih dari 1 juz.
6.      Bahasa
a.       Bahasa Arab
Mengingat SDIT Bina Amal adalah sekolah berbasis islam. Maka anak-anak di anggap perlu mempelajari bahasa Arab dasar. Ekstrakurikuler ini merupakan ciri khas dari sekolah-sekolah Islam terpadu pada umumnya. Juga secara langsung menjadi identitas sekolah-sekolah islam.
b.      Bahasa Inggris
Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang telah banyak digunakan berbagai negara di dunia. Untuk menyerap informasi dari berbagai belahan dunia, untuk itu anak diharapkan mampu menguasai bahasa inggris disamping kemampuan bahasa Indonesia dan bahasa Arab
c.       Sastra
Setiap bahasa memiliki keindahan dan kekayaan kata. Seni sastra memiliki peran penting dalam dunia jurnalisme dan kepenulisan. Ekstrakurikuler sastra ini dapat menjadi jembatan untuk menyalurkan hobi membuat puisi, cerita, atau sekedar menulis opini. Sekaligus menjadi ajang pembibitan para penulis muda yang diharapkan dapat berprestasi dalam bidang authorship tanah air.

Tujuan
a.       Tujuan umum
     Dengan terpeliharanya minat dan bakat para siswanya, sekolah memiliki bibit-bibit unggul yang siap di berkompetisi di berbagai jenjang perlombaan baik itu di tingkat kecamatan, kota, propinsi maupun nasional. Secara otomatis ini dapat meningkatkan kualitas akademik maupun non akademik di mata masyarakat lokal dan tingkat nasional. Di samping itu juga dapat meningkatkan keterampilan karya siswa.

b.      Tujuan khusus
Mengembangkan minat dan bakat siswa pada bidang ekstrakurikuler yang dipilihnya., sehingga minat dan bakat tersebut dapat terfasilitasi dengan baik. Diharapkan dikemudian hari dapat membawa kemanfaatan bagi kehidupan pribadi masing-masing siswa.

0 komentar:

Baca ya...